Penawaran Special

TEMUKAN Sesuatu yang SEHAT dengan Kecap Sehat Premium Kecap MIRAMA, Es Klasik dan Legendaris Es Goyang NISSI, Sesuatu yang Ber SEMANGAT Lebih Termotivasi Setiap Hari dengan Chemistry of Success Sesuatu yang Menjadikan SEJAHTERA Promosikan Bisnis Laris Anda Dengan Iklan Laris Gratis, Pastikan Penjualan Online Anda Meningkat Dengan Metode Email Massal.

Facebook

Senin, 28 Februari 2011

Kecap mirama

Obrolan Tentang Kecap Mirama


  Jalan-jalan petang hari di Pasar Imlek yang sangat hidup ini, pertama-tama menikmati apa yang disebut bakmi jowo Dimasak dengan arang, bakmi goreng dengan ditambah kekian ini luar biasa sedap. Rasanya mau menggasak lebih dari satu porsi kalau tidak mengingat bahwa makanan-makanan lain perlu diberi tempat. Nasi goreng dan soto ayam di dekat situ menunjukkan lagi kualitasnya yang prima—juga dengan andalan kecapnya. Mengapa selalu Kecap Mirama? ”Wis kulino... (sudah terbiasa),” kata si pedagang. (Bukankah ada istilah bahasa Jawa juga, ”Tresno jalaran soko kulino”?)

Makanan/jajanan di situ betapapun sederhananya, umumnya berakar pada tradisi yang panjang—ditumbuhkan dari kecintaan yang terpelihara dari generasi ke generasi. Kalau mau sedikit membandingkan dengan semangat zaman sekarang, itulah kelebihan mereka. Mereka tekun dan setia pada satu hal yang mereka cintai, yakni membuat makanan sampai roh pembuatnya seperti memanifestasi pada kelezatannya.

Kecap Mirama, misalnya, dibuat oleh nyonya yang katanya sangat hobi memasak, yakni Nyonya Kwik Sik Giem, pada sekitar tahun 1935. Yang meneruskan usahanya kini adalah pewaris kesekian.


sumber : http://kulinerkita.multiply.com/reviews/item/262

Tidak ada komentar:

Posting Komentar